Hello... Responsival Theme is another template for Blogger users. PLAY with this responsive design and SEE the release on my blog.

Informasi Terbaru ITB pada SNMPTN Jalur Undangan 2013 dan SMBPTN 2013

+ No comment yet
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya lewat akun twitter @AkuMasukITB, tidak akan ada lagi SNMPTN tertulis ataupun ujian saringan masuk di ITB Untuk tahun depan. Proses penerimaan mahasiswa baru ITB 2013 Hanya akan melalui penjaringan prestasi akademik (SNMPTN undangan) dengan kuota 60% dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan TInggi Negeri (SBMPTN) yang akan diadakan setelah ujian nasional (UN) dengan kuota 40%. Jalur SBMPTN tersebut sebagai pengganti SNMPTN tulis yang diadakan pada dua tahun terakhir.
Penjaringan prestasi akademik (PPA) akan diselenggarakan hingga awal Februari. Data semua siswa SMA mulai dari kelas X harus diisikan secara rutin setiap tahunnya. Hal terpenting dari tahap seleksi ini adalah kejujuran tiap sekolah. “Jika ketahuan memasukkan data palsu, sekolah tersebut akan terkena blacklist sehingga akan merugikan lulusan tahun berikutnya,” tutur Yuli Setyo Indartono dari kasubdiv penjaringan mahasiswa baru ITB pada presentasinya di forum silaturahmi paguyuban ITB lalu.
Untuk SBMPTN sendiri, tidak dinamakan SNMPTN Kembali karena seleksi ini merupakan seleksi berbayar. Jadi para peserta dikenakan biaya pendaftaran pada SBMPTN. Untuk teknis lebih lanjut, baru akan dikeluarkan akhir Januari nanti. Bagi universitas lain, mungkin ada jalur mandiri seperti SIMAK atau UM, tetapi di ITB tidak akan ada yang seperti itu.
Persyaratan Fakultas dan Sekolah
Tidak ada yang berbeda untuk persyaratan tiap-tiap fakultas pada 2013. Semua fakultas dan sekolah di ITB dapat dimasuki oleh bidang IPA. Siswa dengan bidang IPS dapat memilih FSRD dan SBM sedangkan bidang Bahasa dapat memilih FSRD. Untuk persyaratan buta warna pun demikian. Fakultas FITB, FSRD, FTTM, SF, dan SITH tidak dapat dimasuki siswa yang buta warna parsial dan total. Syarat buta warna yang sama diberlakukan untuk jurusan Kmia, Teknik Kimia, dan Teknik Lingkungan pada tahap penjurusan TPB.
Program Studi Baru
Untuk 2013 nanti, tidak ada penambahan fakultas ataupun sekolah. Hanya saja ITB kembali membuka 3 program studi baru yang dapat dimasuki mulai tahun depan. Ketiga program studi tersebut adalah:
  • Kewirausahaan dari SBM
  • Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air dari FTSL
  • Rekayasa Infrastruktur Lingkungan dari FTSL
Ketiga program studi tersebut juga termasuk pada program studi yang memiliki jalur peminatan bersama dengan program studi Astronomi, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, Meteorologi, dan Oseanografi. Untuk jalur peminatan sendiri, akan tetap dikenakan BPPM dan BPPS sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk ketiga program studi terbaru juga, saat penjurusan akan berkuliah di kampus ITB Jatinangor.
Informasi Beasiswa
Beasiswa yang ada di ITB pun masih belum berubah. Banyak berbagai macam beasiswa prestasi yang bisa didapat setelah masuk ITB. Bidik Misi pun masih akan ada dengan kuota yang mungkin melebihi tahun sebelumnya. Total yang dapat beasiswa penuh pada tahun 2012 bisa sekitar 900 orang jika ditambah dengan beasiswa Pemprof.
Jika untuk tahun 2012 kuota penerima Bidik Misi adalah 800 orang, di 2013 mungkin bisa bertambah. Sebenarnya beasiswa tersebut mudah untuk didapatkan mengingat sulitnya ITB dalam menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan Bidik Misi. Tahun lalu saja, dari 800 kuota yang dialokasikan, hanya 450 penerima saja yang lolos verifikasi. Hal ini utamanya disebabkan oleh kurangnya informasi yang tiba di sekolah-sekolah. Syarat untuk penerima Bidik Misi sendiri antara lain penghasilkan 3 juta dengan biaya perkapita Rp 600.000, maksimal pendidikan orangtua S1, dan anak PNS pun boleh ikut. Tidak ada kuota tiap sekolah. Ada sekolah yang sulit memberikan surat rekomendasi untuk siswa tapi ada juga sekolah yang mudah sekali memberikan surat rekomendasi walaupun siswa tersebut dinilai mampu.
Beasiswa Bidik Misi pun kini menjadi satu-satunya beasiswa unggulan di ITB mengingat tidak ada lagi BIUS (Beasiswa ITB untuk Semua) semenjak 2012. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan mitra yang biasa menjadi donatur untuk BIUS Kini memilih untuk memberikan beassiwanya atas nama lembaga sendiri. Jadi, banyak beasiswa di ITB sebenarnya tidak berubah, hanya pemberinya saja yang bergonta-ganti. Untuk masalah beasiswa pun, saat sudah masuk di ITB, seorang mahasiswa boleh menerima 2 jenis beasiswa asal kumulatifnya tidak melebihi 950 ribu rupiah.
Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan di ITB Mencapai 27 juta rupiah per tahun untuk setiap mahasiswa berdasarkan survey dari DIKTI. Rincian biaya tersebut terbagi kedalam BPPM dan BPPS. BPPM (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan di Muka) dibayarkan sekali saja saat registrasi. Untuk tahun 2012, besar biaya ini adalah 55 juta rupiah dan 80 juta rupiah untuk SBM. Besar dari BPPM ini berpotensi turun pada 2013. Jika ingin mengajukan penangguhan, pendaftar dapat memilih untuk hanya membayar 0%, 20%, 40%, 60%, 80%, atau 100% dari BPPM. Subsidi tersebut diberikan berdasarkan penghasilan orang tua. Untuk BPPS (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Semester) pada tahun 2012, besarnya adalah 5 juta rupia per semester. Untuk SBM, biaya ni mencapai Rp 750.000 per SKS. Selain BPPM dan BPPS, ada juga biaya program matrikulasi sebesar Rp 1.200.000 untuk jalur undangan dan Rp 750.000 untuk jalur SNMPTN tulis. Informasi nominal tersebut bersumber dari penerimaan mahasiswa baru tahun 2012.
Kontak
Informasi lebih lanjut bisa didapat melalui Subdit Penjaringan Mahasiswa ITB, Jalan Tamansari 64 Bandung. Alamat email: usmitb@pusat.itb.ac.id. Telepon/fax: 022-2508519.
Panitia Aku Masuk ITB 2013 juga menyediakan media informasi mengenai penjaringan dan kisah-kasih kehidupan di ITB di grup facebook Aku Masuk ITB dan twitter @AkuMasukITB. Selain itu kami juga menyediakan booklet Surat Cinta untuk Indonesia yang dapat diakses disini (dalam format .rar, 17 MB sebelum ekstraksi). Di booklet tersebut berisi informasi mengenai beasiswa, cerita kehidupan di ITB, fasilitas ITB, dan acara utama Aku Masuk ITB yang akan diselenggarakan bulan Maret nanti. TIdak lupa kami juga menyertakan sayembara menarik di booklet tersebut.
Sumber:
  1. Presentasi rektorat di forum paguyuban dan AMI 2013
  2. Panitia Aku Masuk ITB 2013

Post a Comment